Chatting Aman dengan Enkripsi End To End, Ini Penjelasannya

Monday, August 7, 2017

MESKIPUN tidak paham, setidaknya Anda tidak asing dengan istilah End To End Encryption dalam bahasa kita disebut dengan Enkripsi End To End.

Jika Anda pengguna instant messaging seperti telegram atau whatsapp tentunya Anda sudah pernah melihat tulisan semisial "pesan-pesan yang dikirim dan panggilan di chat ini kini diamankan dengan enkripsi end to end" saat hendak memulai chat pertama kali dengan orang lain.

Enkripsi 

Sebelum saya jelaskan apa itu enkripsi and to end, akan kita kenali terlebih dahulu apa itu enkripsi.

Pada bagian ini, saya juga tidak akan menjelaskan jenis-jenis enkripsi atau jenis enkripsi yang saat ini banyak digunakan.

Apalagi sejarah perkembangan enkripsi, tidak akan saya jelaskan disini. Karena saya yakin, Anda juga malas membaca sejarahnya. Setuju?

Sesederhana mungkin, saya kutip pendapat om wikipedia tentang apa itu enkripsi, sebagai berikut:

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
Pengetahuan khusus yang dimaksud adalah kebalikan dari metode enkripsi, yaitu deskripsi yang berarti membaca dan menerjemahkan kembali kode-kode enkripsi menjadi teks yang dapat dibaca dengan jelas.

Anda dapat mencari tau lebih jauh teknik membaca informasi (pesan) yang sudah terenkripsi pada situs-situs lain.

Secara singkat, maksud dari enkripsi dapat dipahami pada gambar berikut ini.

Skema Enkripsi
Gambar diatas menunjukkan bahwa teks (pesan) yang dikirim diubah menjadi karakter tertentu sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain.
Misal: Anda mengetik pesan "Ibu pergi ke pasar" dienkripsi menjadi "Wy87uX8hRY63Mnsl0T"

Saya yakin, sampai disini Anda paham apa itu enkripsi, atau setidaknya Anda sudah dapat menerjemahkan sendiri defenisi enkripsi sesuai pemahaman Anda. Kita lanjut dengan end-to-end encryption.

End To End Encryption 

Enkripsi end to end adalah enkripsi yang saat ini digunakan oleh aplikasi perpesanan instan, sebut saja yang paling populer yakni Telegram dan Whatsapp.

Hanya saja, semua percakapan pada Whatsapp otomatis terenkripsi sedangkan jika Anda menggunakan Telegram Anda dapat menentukan kapan Anda ingin mengenkripsi percakapan Anda dengan fungi menu "Secret Chat".

Pada umumnya, percakapan atau pengiriman pesan seperti sms (short messaging service) pada ponsel Anda akan disimpan terlebih dahulu pada server provider barulah dikirim kepada si penerima.

Sedangkan End to End, pesan Anda langsung dikirim kepada si penerima tanpa disimpan di server. Dengan kata lain, hanya pengirim dan si penerima yang dapat mengetahui isi percakapan.

Kalau begitu, Enkripsi End to End akan memproteksi percakapan Anda dengan orang lain.

Bahkan pihak whatsapp sendiri mengklaim bahwa mereka tidak dapat membaca pesan Anda, hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat mengetahui isi percakapan tersebut.
 

Kesimpulan 

Obrolan Anda yang dilindungi dengan enkripsi end-to-end akan jauh lebih aman dari pihak-pihak yang ingin meretas isi percakapan Anda.

Hanya Anda dan penerima yang dapat saling membaca, tidak ada pihak ketiga. Ya, obrolan Anda tentu jauh lebih aman dan tidak dapat disadap.

Demikianlah tulisan tentang enkripsi end to end, tinggalkan pesan Anda pada kolom komentar ya jika ada yang kurang jelas. Terima Kasih, semoga bermanfaat dan tambah ilmu.


IKLAN ANDSENSE DISINI !!!

Bagikan Tulisan Ke:


August 07, 2017

0 comments:

Post a Comment