Cara Cepat: 2 Langkah Mudah Mencetak Kartu NUPTK

Friday, August 25, 2017

Kartu NUPTKLAYAKNYA sebuah identitas, maka kartu NUPTK atau saat ini disebut kartu GTK merupakan sebuah identitas yang menandakan kepemilikan identitas yang tercantum dalam kartu yang dimaksud.


Dengan demikian, adanya kartu GTK menjadikan identitas bagi Bapak/Ibu Guru bahwa semua data atau informasi yang tercantum adalah milik Bapak/Ibu Guru.
Kalau begitu, kepemilikan kartu NUPTK/GTK membuktikan bahwa Bapak/Ibu gurulah pemilik nomor NUPTK yang tertera pada kartu.

Dalam hal lain, biasanya kartu ini juga berfungsi dalam hal kepengurusan atau penyusunan berkas-berkas yang berkaitan dengan pengembangan profesi maupun pengembangan kesejahteraan guru, semisal menjadi persyaratan dalam berkas awal pencairan tunjangan di Bank atau juga menjadi berkas dalam pengusulan calon peserta sertifikasi guru.

Bagi Bapak/Ibu yang belum tau cara mencetak kartu NUPTK, tulisan ini semoga membantu dan memberikan informasi kepada Bapak/Ibu guru sekalian.

Cara ini juga berlaku seterusnya, misal saat ini semester 1 tahun ajaran 2017/2018 maka untuk semester 2 nanti Bapak/Ibu guru dapat menerapkan dengan cara yang sama.

Berikut ini panduan lengkapnya:
1) Silahkan Bapak/Ibu Guru mengakses laman http://siappadamu.web.id atau http://simpatika.kemenag.go.id

2) Setelah berhasil login maka Bapak/Ibu akan tampil menu dashboard utama.

3) Pilih Menu GTK pada laman dashboard utama.

Dashboard Keaktifan SIAP Padamu

4) Maka Bapak/Ibu akan diarahkan pada menu tampilan keaktifan, pilih dan klik menu "Aktifkan Portofolio"

Menu Aktifasi Portofolio Padamu

5) Setelah Bapak/Ibu mengaktifkan portofollio, maka menu "Cetak Kartu" telah tampil. Pilih dan Klik menu "Cetak Kartu" maka otomatis kartu NUPTK Bapak/Ibu Guru terdownload dalam bentu pdf.

Dashboard Keaktifan SIAP Padamu

6) Selesai, silahkan cetak kartu NUPTK Bapak/Ibu.

Kenapa ada 6 (enam langkah) padahal di judul 2 (dua) langkah saja.
Enam langkah yang dipaparkan adalah deskripsi lengkap langkah-langkah yang harus Bapak/ Ibu lakukan.

Jika Bapak/ Ibu sudah memahaminya, maka pada semester berikutnya Bapak/ Ibu pasti akan memahami bahwa cukup melakukan 2 tahapan untuk cetak kartu NUPTK, yaitu "Aktifkan Portofolio" dan "Cetak Kartu". 

Demikianlah 2 (dua) langkah mudah untuk mencetak kartu NUPTK melalui laman SIAP PADAMU maupun SIMPATIKA. Bapak/Ibu dapat mengulangi langkah-langkah yang sama pada tiap-tiap semester pelajaran mendatang.

Semoga tulisan ini membantu, jika ada hal yang ingin dipertanyakan mengenai Panduan lengkap Cara Mencetak Kartu NUPTK, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar ya Bapak/Ibu. Terima Kasih.


IKLAN ANDSENSE DISINI !!!

Bagikan Tulisan Ke:


August 25, 2017

1 comments: